izin bangunan jakarta
PT. BUANA AMALIA MANDIRI .....Kami siap membantu pengurusan perizinan bangunan Anda di DKI Jakarta ... !
Login
Search
Search:
Information

launching IMB Online


7 Juli 2014

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan sistem online dalam pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB). Sistem ini mulai berlaku pada 1 Februari 2014.

Kepala Dinas Penertiban dan Pengawasan Bangunan (P2B) DKI Jakarta I Putu Indiana berharap sistem online itu dapat menghilangkan praktik percaloan serta mempercepat proses perizinan. "Sistem online pembuatan IMB kita rencanakan mulai diberlakukan pada 1 Februari mendatang dan akan diresmikan Pak Gubernur (Joko Widodo)," kata Putu di kantor Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Putu mengatakan, pembuatan IMB dengan cara manual akan memakan waktu hingga 15 hari. Sementara itu, jika melalui sistem online, prosesnya bisa selesai dalam waktu tujuh hari saja. Masyarakat juga tidak perlu datang ke kantor kecamatan ataupun Dinas P2B, tetapi bisa mengajukan permohonan dari rumah, kantor, maupun warung internet (warnet).

Proses permohonanonline ini dapat dilakukan dengan langsung membuka situs web dppb.jakarta.go.id. Pemohon hanya perlu mengikuti langkah berikutnya sesuai petunjuk yang ada.

Setelah desain bangunan disetujui, maka pemberitahuan pembayaran retribusi akan dikirimkan melalui e-mail. Untuk rumah tinggal, retribusi yang harus dibayarkan sebesar Rp 1.250 per meter persegi. Namun, saat pembayaran, pemohon harus datang ke kantor kecamatan untuk mengambil surat ketetapan retribusi daerah (SKRD). Karena sistem ini belum terkoneksi dengan Dinas Pelayanan Pajak, pembayaran SKRD masih dilakukan secara manual.

Selain itu, pemohon juga diminta untuk membawa dokumen asli saat pembayaran karena dikhawatirkan ada pemalsuan dokumen. Pemohon juga bisa mengetahui progres pengajuan perizinan tersebut.

"Nanti, Pak Gubernur juga akan memegang kata kunci untuk melihat pergerakan sistem online ini," kata Putu.

Kepala Bidang Perizinan P2B DKI Jakarta Heru Hermawanto mengatakan, semula sistem ini akan diterapkan pada 2015 mendatang. Namun, atas permintaan Jokowi, akhirnya program ini dipercepat. "Anggaran yang dikeluarkan hingga Rp 600 juta. Kendalanya hanya masalah pengadaan sistem karena kami cuma punya waktu selama empat bulan," kata Heru.

Data dari Dinas P2B DKI Jakarta, rata-rata setiap tahun ada 12.000 IMB yang diterbitkan. Sebanyak 80 persen di antaranya untuk rumah tinggal, sementara sisanya non-rumah tinggal. Sebagian besar pemohon pengurusan IMB berasal dari Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Heru mengatakan, hasil retribusi pembuatan IMB setiap tahun terus meningkat. Pada 2012, nilainya sebesar Rp 168 miliar dan tahun lalu naik menjadi Rp 202 miliar. Tahun ini, Dinas P2B DKI menargetkan pendapatan mencapai Rp 220 miliar.



Baca juga
  » 7 Juli 2014
Keluhan IMB Online
Sebagian warga Jakarta masih mengeluhkan pelaksanaan proses IMB secara online

  » 30 Oktober 2011
Duh, rumitnya mengurus IMB
Keluhan yang wajar bila tidak tahu tatalaksana IMB. Kebijakan Andalah yang memutuskan untuk mengurus IMB sendiri atau memakai jasa konsultan perizinan.

  » 23 Oktober 2011
di Jakarta, 3300 bangunan akan dibongkar
Banyak bangunan di Jakarta yang tidak berizin, maka dinas P2B berusaha untuk menertibkannya...

  » 22 Oktober 2011
Istilah dalam Perizinan
Banyak sekali istilah2 dalam perizinan, perlu bagi Anda untuk tahu !

  » 22 Oktober 2011
Rencana Kota Online
Produk online dari Dinas Tata Ruang DKI Jakarta..hebat !

  » 22 Oktober 2011
Apa itu UDGL ?
Bagi yang bergerak di bidang perijinan, perijinan, konstruksi, dst pasti sering mendengan istilah UDGL (Panduan Rancang Kota), simak penjelasannya ...

  » 21 Oktober 2011
Alamat Loket Pelayanan IMB/IPB/KMB di Jakarta
Perhatikan di mana lokasi proyek Anda, pastikan Anda menghubungi loket pelayanan di alamat-alamat berikut ini....

Others
News
7 Juli 2014
launching IMB Online
Setelah diresmikan peluncuran pelayanan IMB Online oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 12 Februari 2014, maka resmi pelayanan IMB diberlakukan dengan cara online di web DPPB Prov. DKI Jakartan yaitu www.dppb.jakarta.go.id detail

7 Juli 2014
Keluhan IMB Online
Sebagian warga Jakarta masih mengeluhkan pelaksanaan proses IMB secara online detail

30 Oktober 2011
Duh, rumitnya mengurus IMB
Keluhan yang wajar bila tidak tahu tatalaksana IMB. Kebijakan Andalah yang memutuskan untuk mengurus IMB sendiri atau memakai jasa konsultan perizinan. detail

23 Oktober 2011
di Jakarta, 3300 bangunan akan dibongkar
Banyak bangunan di Jakarta yang tidak berizin, maka dinas P2B berusaha untuk menertibkannya... detail

22 Oktober 2011
Apa itu UDGL ?
Bagi yang bergerak di bidang perijinan, perijinan, konstruksi, dst pasti sering mendengan istilah UDGL (Panduan Rancang Kota), simak penjelasannya ... detail

22 Oktober 2011
Rencana Kota Online
Produk online dari Dinas Tata Ruang DKI Jakarta..hebat ! detail

22 Oktober 2011
Istilah dalam Perizinan
Banyak sekali istilah2 dalam perizinan, perlu bagi Anda untuk tahu ! detail

21 Oktober 2011
Alamat Loket Pelayanan IMB/IPB/KMB di Jakarta
Perhatikan di mana lokasi proyek Anda, pastikan Anda menghubungi loket pelayanan di alamat-alamat berikut ini.... detail

» index berita

PT. BUANA AMALIA MANDIRI

Gedung Selatan PLAZA KUNINGAN lantai 10

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C11-14, Karet Kuningan, Jakarta Selatan

email : perizinanjakarta@yahoo.com

telp. 021-3030 3830,    HP / WA : 0821 1212 4452 


Toko Online