izin bangunan jakarta
PT. BUANA AMALIA MANDIRI .....Kami siap membantu pengurusan perizinan bangunan Anda di DKI Jakarta ... !
Login
Search
Search:
Information

.........* TPAK

1

TPAK (TIM PENASEHAT ARSITEKTUR KOTA)

TPAK (Tim Penasehat Arsitektur Kota) adalah Tim Pakar dibidang Teknis Arsitektur dan Perkotaan mempunyai tugas memberikan pertimbangan teknis kepada Gubernur, terhadap perencanaan bangunan besar (luas lantai 1.500 M2 atau lebih) atau bangunan dengan bentuk arsitektur khusus, yang diajukan oleh konsultan perencana/ arsitek dalam rangka permohonan IMB.


TPAK beranggotakan para ahli yang mewakili institusi perguruan tinggi, asosiasi profesi dan instansi pemerintah daerah yang terkait dengan bidang pembangunan bangunan.

 


2

PERSYARATAN SIDANG TPAK

TPAK ini melakukan Sidang penilaian perencanaan bangunan setiap hari Rabu (dulu setiap hari Kamis), sehingga dengan demikian perencanaan arsitektur bangunan yang diajukan konsultan/arsitek, selambat-lambatnya sdh diterima sekretariat TPAK pada hari Senin sebelum jam 12.00.

Persyaratan Pengajuan Perencanaan Bangunan untuk Sidang TPAK, adalah :

1. Formulir Isian

  • FORM PIMB
  • FORM SURAT KUASA PENGURUSAN IMB
  • FORM KESEDIAAN PEMERIKSAAN LAPANGAN
  • FORM KESANGGUPAN MEMBAYAR RETRIBUSI
  • FORM PERNYATAAN PERENCANA ARSITEK
2. Terkait dengan pihak Owner
  • FOTO COPY KTP PEMOHON / DIREKTUR
  • FOTO COPY AKTE PENDIRIAN PERUSAHAAN
  • FOTO COPY BUKTI KEPEMILIKAN TANAH YANG DILEGALISIR
  • FOTO COPY SIPPT (UNTUK YANG DIWAJIBKAN)
3. Terkait dengan pihak Konsultan
  • SIBP YANG DILEGALISIR
  • CETAK BIRU GAMBAR ARSITEKTUR YG DI-TTD ARSITEKNYA (2 SET)
  • GAMBAR DESIGN A3 (2 SET), ADA PERSPEKTIF DAN FOTO UDARA
  • CD GAMBAR ARSITEKTUR CAD (2 BH)
4. Terkait dengan dokumen penunjang
  • CETAK BIRU KRK / RTLB UNTUK TPAK
  • BLOK PLAN UNTUK TPAK

Kelengkapan persyaratan untuk pengajuan Sidang TPAK diserahkan ke Sekretariat TPAK yang beralamat di Seksi Arsitektur Sub Dinas Pengawasan Rencana Bangunan Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan (DPPB) Provinsi DKI Jakarta, Jl. Taman Jatibaru No.1 Jakarta Pusat.


3

CARA LEGALISIR IPTB / SIBP

Salah satu syarat dalam sidang TPAK adalah adanya dokumen IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan) atau SIBP (Surat Ijin Bekerja Perencana) bagi arsitek yang merencanakan bangunan Anda.  IPTB ini harus berlegalisir asli dan satu-satunya yang berhak mengeluarkan legalisir adalah Dinas P2B.  Apakah bangunan Anda sudah direncanakan oleh arsitek ber IPTB / ber SIBP ? Atau Anda hanya butuh formalitas dokumen IPTB, karena Anda sendiri yang menggambarnya ? www.PerizinanJakarta.com siap membantu mensupport dokumen IPTB bagi owner / perorangan yang membutuhkan.

Perlu diperhatikan bahwa tidak mudah bagi arsitek untuk dipinjam IPTB/SIBP-nya dalam sebuah proyek, biasanya sang arsitek juga harus mengetahui dengan pasti designnya, kekuatan strukturnya, dll...  karena apabila dilakukan sidang TPAK dan ternyata tidak lulus setelah 3X atau lebih dalam sidang TPAK, maka tim TPAK akan merekomendasikan untuk ganti arsitek.  Hal ini akan mempengaruhi kredibilitas sang arsitek.  Bahkan dalam kasus tertentu, ada IPTB yang harus dicabut karena bangunan yang dalam tahap konstruksi tersebut roboh di lapangan, karena salah perencanaan...  itulah tanggung jawab dan resiko perencana ...

Berikut ini adalah informasi resmi tata cara legalisir IPTB yang dikeluarkan oleh Dinas P2B :

 

Lama pengurusan adalah sekitar 2-3 hari, tergantung dari kesibukan panitera bagian legalisir.  IPTB yang sudah dilegalisir hanya berlaku untuk satu proyek saja, sehingga diberi tanda proyek dan alamat lengkap proyek, jadi 1 IPTB hanya berlaku untuk 1 proyek. Apabila ada proyek lain, maka harus melegalisir IPTB lain lagi.

Berikut adalah contoh IPTB yang sudah dilegalisir :

 

 

4

TATA CARA SIDANG TPAK

Berikut ini adalah tata cara yang biasa dilakukan dalam proses sidang TPAK :
  1. Sidang TPAK biasa dimulai pukul 13.00 WIB setelah semua tim TPAK berkumpul dalam ruang sidang di Dinas P2B.  Sidang bersifat tertutup, hanya pihak-pihak yang berkepentingan saja yang diperbolehkan masuk yaitu : Tim TPAK, pegawai dinas P2B, dan arsitek yang diundang untuk menjelaskan design.
  2. Apabila diperlukan oleh TIM TPAK, maka arsitek ber-SIBP diwajibkan hadir untuk menjelaskan design.
  3. Tim TPAK akan mengkoreksi gambar blue print atas pertimbangan standar kenyamanan dan keamanan, serta mempertimbangkan kaidah arsitektural.
  4. Isu yang sedang berkembang saat ini, setiap design bangunan di DKI Jakarta harus sudah berkonsep GREEN DESIGN , dengan melampirkan konsep zero run off dan OOTV yang dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Apabila menyangkut design khusus (bangunan militer, bangunan struktur luar biasa, dll) maka dapat diadakan presentasi khusus.
  6. Sidang TPAK biasa berakhir pukul 16.00 WIB, dan Tim TPAK menuliskan hasil koreksi dalam MINUTE / NOTA DINAS TPAK yang ditandatangani oleh ketua TPAK.
  7. Design yang tidak lulus disidangkan lebih dari 3x, maka dari tim TPAK akan mensyaratkan untuk mengganti konsultan perencana
Kami dari www.PerizinanJakarta.com akan mengawal dan mendampingi proses TPAK untuk dapat lulus sidang secepat mungkin.



5

OUTPUT PRODUK PERIZINAN dari SIDANG TPAK

Produk Izin yang dihasilkan dari sidang TPAK (Tim Penasehat Arsitektur Kota) adalah Rekomendasi TPAK, yang dikeluarkan 2 rangkap oleh dinas P2B, satu untuk owner dan satu lagi untuk Kadis DTK DKI Jakarta sebagai dasar penyusunan BlokPlan Definitif.

Rekomendasi TPAK ini berupa dokumen yang terbagi dalam 2 hal : surat Keterangan dari P2B dan Gambar LULUS TPAK yang ditandatangani oleh Ketua TPAK (pak Gunawan), seperti terlihat pada gambar di bawah ini :



Gambar dalam proses upload



Rekomendasi TPAK inilah yang menjadi dasar bagi owner untuk MEMULAI AKTIVITAS PENJUALAN, dengan melakukan kegiatan seperti : memasang iklan di koran, memasang baliho / reklame / spanduk di lokasi proyek, menyebarkan brosur, dll.   Mengapa penjualan setelah lulus TPAK ? adalah logis bahwa produk yang akan dibangun harus sesuai kaidah arsitektural (keamanan, kenyamanan, estetika, peraturan, standar bangunan, dll) yang telah direkomendasikan oleh tim TPAK. Sehingga apabila ada perubahan gambar perencanaan, maka semata2 adalah untuk memberi masukan kepada owner untuk output produk yang lebih baik dan sesuai dengan rencana kota.


Others
News
7 Juli 2014
launching IMB Online
Setelah diresmikan peluncuran pelayanan IMB Online oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 12 Februari 2014, maka resmi pelayanan IMB diberlakukan dengan cara online di web DPPB Prov. DKI Jakartan yaitu www.dppb.jakarta.go.id detail

7 Juli 2014
Keluhan IMB Online
Sebagian warga Jakarta masih mengeluhkan pelaksanaan proses IMB secara online detail

30 Oktober 2011
Duh, rumitnya mengurus IMB
Keluhan yang wajar bila tidak tahu tatalaksana IMB. Kebijakan Andalah yang memutuskan untuk mengurus IMB sendiri atau memakai jasa konsultan perizinan. detail

23 Oktober 2011
di Jakarta, 3300 bangunan akan dibongkar
Banyak bangunan di Jakarta yang tidak berizin, maka dinas P2B berusaha untuk menertibkannya... detail

22 Oktober 2011
Apa itu UDGL ?
Bagi yang bergerak di bidang perijinan, perijinan, konstruksi, dst pasti sering mendengan istilah UDGL (Panduan Rancang Kota), simak penjelasannya ... detail

22 Oktober 2011
Rencana Kota Online
Produk online dari Dinas Tata Ruang DKI Jakarta..hebat ! detail

22 Oktober 2011
Istilah dalam Perizinan
Banyak sekali istilah2 dalam perizinan, perlu bagi Anda untuk tahu ! detail

21 Oktober 2011
Alamat Loket Pelayanan IMB/IPB/KMB di Jakarta
Perhatikan di mana lokasi proyek Anda, pastikan Anda menghubungi loket pelayanan di alamat-alamat berikut ini.... detail

» index berita

PT. BUANA AMALIA MANDIRI

Gedung Selatan PLAZA KUNINGAN lantai 10

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C11-14, Karet Kuningan, Jakarta Selatan

email : perizinanjakarta@yahoo.com

telp. 021-3030 3830,    HP / WA : 0821 1212 4452 


Toko Online